Taman Margasatwa Terbesar di Indonesia

Taman Margasatwa – Taman margasatwa adalah tempat di mana hewan ditangkar, dipelihara, dan dikembangbiakkan dengan alami, sebagai upaya pelestarian habitat satwa yang diambang kepunahan. Indonesia termasuk negara dengan wilayah sangat besar dan otomatis memiliki banyak suaka margasatwa yang tersebar di seluruh wilayah.

Taman Margasatwa Pulau Komodo dan Pulau Rinca

Taman margasatwa di kawasan Pulau Komodo dan Pulau Rinca merupakan suaka margasatwa yang dikenal melindungi habitat satwa langka dan unik, yaitu komodo yang merupakan satwa asli dari Nusa Tenggara Timur. Jika ingin melihat komodo, Anda hanya bisa menemukannya di tempat ini. Saking langka dan uniknya, tempat ini pernah menjadi salah satu keajaiban dunia.

Taman Nasional Gunung Leuser

Salah satu situs warisan dunia, Taman Nasional Gunung Leuser merupakan taman margasatwa yang dilindungi keberadaannya oleh UNESCO PBB secara langsung. Terdapat spesies yang ditangkar secara alami di tempat ini seperti gajah, badak, harimau, kera, macan tutul, dan ratusan spesies burung hutan yang selalu menghiasi kawasan hutan ini dengan kicauannya.

Baca juga : Wisata Terbaik di Sabah malaysia

Taman Nasional Tanjung Puting

Suaka margasatwa yang berada di Pulau Kalimantan, Taman Nasional Tanjung Puting tepatnya berada di provinsi Kalimantan Tengah dan menjadi habitat dari satwa orang utan yang semakin hari semakin terancam jumlahnya.

Taman Nasional Wasur

Berikutnya, Taman Nasional Wasur adalah suaka margasatwa yang terletak di Papua. Di Taman nasional ini dilindungi satwa yang dikembangbiakkan secara alami seperti kepiting, ikan, udang, kangguru, kasuari, kesturi raja, cendrawasih, buaya air tawar, dan buaya air asin yang memang pada habitat alaminya banyak diburu untuk kepentingan konsumsi penduduk lokal.

Taman Nasional Ujung Kulon

Oh, Taman Nasional Ujung Kulon sudah sangat terkenal dengan keberadaan hewan langkanya. Misalkan saja, badak jawa bercula satu karena tempat ini menjadi satu-satunya habitat badak yang di Jawa Indonesia. Di Taman Nasional Ujung Kulon melindungi badak yang unik dan langka. Saking mencintainya binatang ini, logo dari Taman Nasional Ujung Kulon memuat gambar badak jawa bercula sebagai sebagai model logonya.