Masjid Bersejarah di Dunia Saksi Peradabaan Islam di Dunia

Masjid Bersejarah di Dunia – Masjid adalah tempat ibadah bagi Umat Islam. Namun, seiring berkembangnya zaman, masjid rupanya juga difungsikan tak hanya sebagai rumah ibadah namun juga sebagai destinasi wisata religi. Di seluruh penjuru dunia banyak sekali bisa ditemukan masjid-masjid untuk memberikan fasilitas umat Islam yang akan beribadah. Banyak juga diantara masjid-masjid tersebut yang bersejarah dan menjadi saksi peradaban Islam di dunia.

Masjidil Harammasjidil haram

Masjid bersejarah di dunia yang pertama ini sudah tentu kita semua tahu, yaitu Masjidil Haram. Masjid yang berada di kota Mekah ini menjadi masjid tertua dan juga terbesar di dunia. Disini terdapat Ka’bah sebagai kiblat untuk melaksanakan ibadah sholat, inilah yang membuat masjid ini menjadi impian seluruh umat Muslim di dunia.

Masjidil Haram mulai dibangun kembali sejak zaman Nabi Ibrahim dan Nabis Ismail setelah sebelumnya erusak terkena air bah pada zaman Nabi Nuh. Masjid ini mampu menampung hingga 4 juta jamaah selama pelaksanaan ibadah haji ataupun umroh.

Masjid Nabawimasjid nabawi

Masjid bersejarah di dunia selanjutnya adalah Masjid Nabawi. Masjid Nabawi menjadi masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam. Masjid yang dibangun langsung oleh Nabi Muhammad ini sekarang menjadi salah satu masjid terbesar di dunia yang juga menjadi impian seluruh umat Muslim di dunia.

Dibangun pada tahun 622 Masehi di pusat kota Madinah, masjid ini memiliki bangunan yang megah dan mampu menampung hingga 1 juta jamaah. Kemegahan masjid ini semakin lengkap dengan adanya 10 menara setinggi 105 meter.

Masjid QubaMasjid Berserajah di Dunia

Masjid Quba juga menjadi salah satu masjid bersejarah di dunia yang sering dikunjungi oleh wisatawan Muslim. Masjid Quba dikenal sangat special karena merupakan masjid pertama di dunia yang dibangun oleh Nabi Muhammad pada tahun 1 Hijriyah atau tahun 622 Masehi.

Baca Juga : Taman Nasional Terbaik di Russia

Masjid Quba ini berlokasi di Quba, sebelah tenggara kita Madinah. Peletakan batu pertama masjid ini dilakukan oleh Nabi Muhammad saat beliau pertama kali tiba di Madinah. Namun, meskipun menjadi masjid tertua di dunia, namun Masjid Quba ini tidak sebesar Masjidil Haram atau Masjid Nabawi yang mampu menampung jutaan jamaah. Masjid Quba hanya mampu menampung Jemaah hingga 20.000 orang.

Masjid Jawathamasjid jawatha

Masih di Arab Saudi, Masjid Jawatha juga dikenal sebagai salah satu masjid bersejarah di dunia selain Masjidil Haram, Masjid Nabawa dan Masjid Quba. Berlokasi di Desa Al-Kilabiyah, sekitar 12 kilometer timur laut Hofuf, Al-Ahsa, Arab Saudi, masjid ini diyakini sebagai masjid pertama yang dibangun di timur Arab Saudi.

Masjid Jawatha dibangun pada tahun 7 hijriyah oleh Suku Bani Abdul Qadis yang telah tinggal disana sebelum periode Islam. Meskipun sebagian besar struktur aslinya telah hancur dan hanya tersisa reruntuhan, tapi masjid ini masih digunakan untuk beribadah.

Masjid Huaishengmasjid huaisheng

Tak hanya di Arab Saudi dan Yerusalem, Anda juga bisa menemukan masjid bersejarah di dunia di Tiongkok tepatnya di kota Guangzhou. Masjid ini bernama Masjid Huaisheng yang memiliki arti “mengingat orang bijak” yang mana untuk menghormati Nabi Muhammad. Tapi, kebanyakan masyarakat setempat menyebut masjid ini sebagai Masjid Mercusuar karena terdapat Menara masjid setinggi 36 meter disana.

Masjid Huaisheng  ini dikenal sebagai masjid tertua di Tiongkok karena telah berdiri sejak tahun 627 atau pada masa Dinasti Tang, yang mana saat itu Islam pertama kali diperkenalkan di Tiongkok. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh salah satu sahabat Nabi Muhammad dengan arsitektur tradisional Tiongkok berpadu arsitektur Arab.