Manfaat Minum Susu di Pagi Hari

Manfaat Minum Susu di Pagi Hari – Memenuhi kebutuhan nutrisi di pagi hari penting untuk dilakukan sebelum memulai aktivitas. Asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat Anda penuhi dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

Namun, bagi Anda yang sering kali melewatkan sarapan, baik karena tidak terbiasa sarapan atau sering terburu-buru berangkat kerja, minum susu bisa menjadi salah satu cara praktis untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Tak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, konsumsi susu secara rutin juga baik bagi anak-anak untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Manfaat Minum Susu di Pagi Hari

Susu dikenal sebagai salah satu asupan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Selain mudah dikonsumsi, susu juga memiliki segudang manfaat, terutama jika diminum di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Hal ini karena saluran cerna akan lebih banyak mencerna nutrisi di pagi hari.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi susu di pagi hari:

Menghasilkan energi bagi tubuh

Susu merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh berkat kandungan karbohidrat dan gula alami di dalamnya. Selain itu, susu juga mengandung vitamin B, magnesium, dan asam lemak esensial yang berperan penting dalam proses pembentukan energi.

Oleh karena itu, mengonsumsi segelas susu di pagi hari dapat membantu Anda untuk lebih bersemangat dan fit untuk menjalani aktivitas.

Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Beberapa riset membuktikan bahwa konsumsi susu secara rutin di pagi hari maupun di siang hari bermanfaat untuk memelihara fungsi otak.

Mengonsumsi susu di pagi hari akan membuat Anda lebih mudah berkonsentrasi saat belajar, bekerja, dan beraktivitas, serta berisiko lebih rendah untuk mengalami demensia. Hal ini tentu berdampak pada kualitas kerja.

Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan nutrisi pada susu, seperti protein, vitamin A, vitamin B, vitamin D, zinc, dan magnesium, berperan penting untuk memperkuat daya tahan tubuh agar Anda tidak mudah sakit. Selain itu, zinc dan vitamin A juga memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal efek radikal bebas.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk rutin mengonsumsi susu setiap harinya agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. Bukan hanya itu, dengan tubuh yang sehat, Anda dan keluarga dapat semakin nyaman beraktivitas.

Baca Juga : Cegah Anemia Dengan Makanan Penambah Darah

Menjaga fungsi berbagai organ tubuh

Telah disebutkan sebelumnya, susu merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan lemak dan protein dalam susu mampu mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh, serta menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Sementara itu, beragam vitamin dan mineral yang terkandung pada susu juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Misalnya, vitamin A untuk memelihara kesehatan mata dan kulit, vitamin B baik untuk memelihara kesehatan otak dan saraf serta memproduksi energi, serta kalsium untuk menguatkan tulang dan gigi.

Mencegah anemia

Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke organ-organ tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan fungsi organ tubuh terganggu, sehingga tubuh terasa lemas.

Untuk memproduksi sel darah merah yang cukup, tubuh membutuhkan protein, zat besi, dan vitamin B12. Kandungan nutrisi untuk membentuk sel darah merah tersebut bisa ditemukan di dalam berbagai jenis makanan, termasuk susu.

Meski demikian, pastikan susu yang Anda pilih kaya akan kandungan protein, karbohidrat, lemak, yodium, serta vitamin dan mineral. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi harian Anda dapat terpenuhi dan kesehatan tubuh Anda pun akan selalu terjaga.

Bila ingin mengetahui lebih jauh tentang jumlah dan jenis nutrisi yang perlu dipenuhi sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Saat berkonsultasi, Anda juga bisa bertanya mengenai manfaat mengonsumsi susu di pagi hari.