Resep Buat Bolu Kukus Mengembang Sempurna

Resep Buat Bolu Kukus Mengembang SempurnaSiapa yang gak kenal kue bolu? Jajanan tradisional yang punya ciri khas berwarna-warni dan harga terjangkau ini sudah jadi favorit banyak orang sejak lama. Banyak jenis bolu tersedia di luar sana, tapi salah satu tipe yang populer adalah bolu kukus. Salah satu faktornya adalah metode pembuatannya yang gak butuh oven dan bahan-bahan yang cukup sederhana dan dapat ditemukan di dapur pada umumnya.

Kali ini, HappyFresh akan berbagi sama kamu resep bolu kukus yang super praktis. Ikuti aja langkah-langkah di bawah ini, niscaya bolu kamu pasti ngembang sempurna!

Sebelum terjun ke resep, pastikan kamu udah siap sedia bahan-bahan di bawah ini:

Baca Juga : Cara Buat Mie HomeMade

Bahan yang dibutuhkan :

  • 2 butir telur
  • 2 kuning telur
  • 175 ml air soda manis
  • 250 g tepung terigu
  • 250 g gula pasir halus
  • ¼ sdt pewarna makanan (sesuai selera)
  • Mangkuk cetakan dari kertas

Resep Bolu Kukus

  1. Dalam mangkuk, campurkan telur, kuning telur, dan gula pasir.
  2. Ratakan dengan mixer dengan kecepatan tinggi selama setengah jam hingga adonan jadi putih dan kental.
  3. Campur tepung terigu secara bertahap dengan mikser masih dinyalakan dan tuang air soda hingga rata.
  4. Pisahkan sekitar 100 ml adonan dan campur dengan pewarna makanan sesuai seleramu.
  5. Dalam dandang, didihkan air di atas api besar. Bungkus dan tutup dandang dengan kain.
  6. Di mangkuk cetakan kue bolu, masukkan cetakan kertas. Tuang adonan ke dalam cetakan kertas hingga ½ penuh dan campur 1 sdt adonan dengan pewarna makanan.
  7. Taruh cetakan berisi adonan ke dalam dandang dan kukus selama 20 menit dalam keadaan ditutup rapat.
  8. Buka tutup dandang dan lepaskan kue dari cetakan kue bolu.
  9. Kue bolu siap disajikan.

Nah, resepnya mudah banget diikuti kan? Tentunya selalu ada cara untuk bikin resep kue bolumu semakin ciamik. Maka dari itu, yuk intip juga tips tambahan sebelum kamu coba resepnya di bawah ini :

Tips Biar Kue Bolu Mengembang Sempurna

1. Manfaatkan Suhu Ruang

Jangan gunakan telur yang masih terlalu dingin saat membuat adonan bolu. Perhatikan suhu dari bahan-bahan yang akan kamu pakai dan pastikan sudah dalam suhu ruang agar bolu tidak jadi bantat.

2. Jangan Malu-malu Pakai Gula

Ada yang lebih suka bolu yang tak terlalu manis, tapi pemakaian gula dalam bolu memang harus cukup banyak dibanding resep kue lain. Tujuan dari penggunaan gula dalam bolu tak lain adalah supaya adonan bolu dapat dikocok hingga benar-benar kental. Tanpa gula, hal ini akan lebih susah dicapai.

3. Pentingnya Penggunaan Mixer Kecepatan Tinggi

Sayangnya, alat satu ini gak bisa dikorting. Adonan utama yang berbahan gula dan telur harus dikocok dengan mixer kecepatan tinggi agar mengembang dan berwarna pucat. Jika terlewat, hasil akhir bolu akan jadi bantat dan tidak mengembang.

4. Dandang jangan sampai kepenuhan

Dalam proses pengukusan, beri jarak antar cetakan supaya bolu punya cukup ruang untuk mengembang. Saran HappyFresh, masukkan maksimal 6 cup bolu dalam satu kali kukus saja.

5. Beri waktu 15 menit per kukus

Sama seperti proses pengocokan, beri waktu yang cukup untuk bolu mengembang dalam kukusan selama 15 menit. Selain itu, hindari buka-tutup dandang kecuali ketika bolu benar-benar matang, ya.

Itu dia beberapa tips beserta resep bolu kukus dari HappyFresh! Jangan lupa, apapun bahan yang kamu butuh untuk resep di atas, HappyFresh siap belanjain lewat beberapa sentuhan di aplikasi aja. Selain itu, ada diskon Rp 50rb dan gratis ongkir untuk pesanan pertamamu, lho. Yuk, download aplikasinya!

 

Cara Membuat Pizza Menggunakan Roti Tawar

Baik kali ini kami akan membagikan resep membuat pizza menggunakan roti tawar untuk semua bunda yang ada di rumah. Resep buat pizza roti tawar ini bisa dibilang cukup mudah dan bahan bahan yang di perlukan juga mudah didapatkan disekitar kita.

Bunda bisa menggunakan roti tawar lembaran sebagai pengganti dough pizza. Olesi pure tomat dan topping sesuai selera. Lalu taburi keju leleh. Panggang di atas wajan antilengket dan jadilah snack yang bisa dijadikan menu sarapan juga.

Baca juga: Cara Buat kue Sentiling Singkong Khas Semarang

Berikut ini resep dan cara membuat pizza sederhana dengan bahan roti tawar. bunda juga bisa memodifikasi resep ini menggunakan roti Prancis (baguette).

Bahan Bahan yang diperlukan ;

  • 250 gram daging sapi/ayam giling
  • 250 gram sosis ayam, iris
  • 250 gram pure tomat
  • 100 gram keju mozzarella parut
  • 20 lembar roti tawar
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 buah bawang bombay, potong dadu
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya

Cara Membuat Pizza Roti Tawar

  1. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis bawang bombay, pure tomat, sosis, dan daging sapi/ayam giling hingga berubah warna. Bumbui dengan garam, lalu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Olesi permukaan roti tawar dengan topping yang sudah dibuat tadi.
  3. Taburi dengan keju mozzarella parut secukupnya, lalu taburi merica bubuk.
  4. Olesi permukaan wajan teflon dengan minyak, kemudian panggang roti dengan api kecil. Gunakan penutup wajan agar keju bisa meleleh sempurna.
  5. Tunggu beberapa menit hingga keju sudah mulai mencair dan roti sudah berubah warna kecoklatan, dan bunda bisa angkat pizza roti tawar tadi dan bisa langsung disajikan selagi masih hangat.

Demikian cara membuat pizza sederhana berbahan roti tawar. Sajikan pizza selagi masih hangat.
Silakan mencoba resep buat pizza roti bakar dirumah ya bunda, semoga resep yang kami bagikan berguna untuk semu bunda bunda yang di rumah.

Jika artikel resep ini berguna menurut bunda, silakan bisa di share atau dibagikan ke group atau media sosial lainnya ya, terima kasih bunda.

Cara Buat kue Sentiling Singkong Khas Semarang

Cara Buat kue Sentiling Singkong Khas Semarang – Disini kami akan membagi resep cara buat kue sentiling singkong untuk para bunda yang suka membuat kue khas daerah yang ada di Indonesia. Sentiling adalah salah satu jajanan Khas Semarang yang terbuat dari Singkong parut. Selain di bentuk kotak, Sentiling juga ada yang di tusuk seperti sate.

Dibawah ini akan kami paparkan bahan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat kue sentiling singkong khas semarang ini, jadi silakan di baca dan di simak yang para bunda.

Baca juga: Resep Dan Cara Buat ES Krim di Rumah

Bahan bahan yang dibutuhkan :

  • 1 kg singkong, kupas & parut
  • 250 ml air kelapa / air
  • 200 g gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar bubuk putih
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt vanili bubuk
  • pewarna makanan warna hijau, merah & kuning
  • Daun pisang, untuk alas
  • Taburan, aduk rata, kukus
  • 200 g kelapa muda parut
  • ½ sdt garam

Cara membua kue Sentiling :

  1. Campur singkong, air kelapa, gula, agar-agar, garam, dan vanili hingga rata. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Beri pewarna pada setiap adonan, aduk merata.
  2. Masukkan tiap adonan ke dalam cetakan atau bisa juga taruh di wadah tahan panas, beri alas daun pisang lalu potong-potong kotak.
  3. Kukus sentiling hingga matang selama 30 menit. Angkat lalu sisihkan dan biarkan hingga suhu ruang. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Gulingkan di atas bahan taburan hingga merata. Sajikan.

Bagaimana bunda untuk resep pembuatan kue Sentiling khas Semarangnya?, mudah bukan untuk cara buat kue sentiling khas semarang dirumah. Jika resep ini menurut bunda berguna silakan bunda di share atau dibagikan ke group wa, facebook ataupun media sosial lainnya, agar bunda bunda yang lain juga dapat mencoba resep untuk membuat kue sentiling di rumah masing masing.

Resep ini juga bisa digunakan untuk bunda yang mau memulai usaha jualan kue dan bunda bisa buat dan bisa dijual juga. Kue sentiling pasti banyak yang suka, karena kue ini enak lho bunda, selamat mencoba ya bunda.

Resep Dan Cara Buat ES Krim di Rumah

Resep Dan Cara Buat ES Krim di Rumah

Resep Dan Cara Buat ES Krim di RumahSiapa sih yang tak suka es krim. Pasti sobat sering kan beli es krim? Terlebih jika cuaca lagi panas-panasnya. Merasakan nikmat dinginnya es krim di lidah itu menjadi sangat nikmat. Selama ini jika sobat ingin es krim apakah selalu beli di toko? Merek es krim apa yang paling sobat sukai dan rasa apa? Daripada beli, yuk kita coba bikin es krim sendiri. Sudah tahu cara mudah bikin es krim rumahan sendiri? Berikut cara membuat es krim lembut manual tanpa mesin.

Baca juga: Singkong Bisa di Olah Menjadi Makanan Enak

Cara Membuat Es Krim Coklat

Bahan bahan yang digunakan ;

  • Susu segar 1 L
  • Gula pasir 200 g
  • Kuning telur ayam 4 butir, kocok.
  • Tepung maizena 15 g
  • Vanili ½ sdm
  • Coklat bubuk 3 sdm

Cara Membuat ;

  • Tuang susu segar dan gula pasir ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih sembari terus mengaduk-aduk.
  • Campurkan secara perlahan bubuk coklat dengan terus mengaduk.
  • Ambil 1 sdm susu, campurkan dengan tepung maizena, aduk sampai larut.
  • Setelah campuran tersebut telah tercampur sempurna, tuang ke dalam rebusan susu pertama, aduk hingga merata.
  • Kemudian tambahkan vanili, aduk hingga rata.
  • Saring susu menggunakan kain tipis ke dalam wadah lain.
  • Setelah susu tersaring sempurna, tuangkan kuning telur ke dalamnya, aduk hingga rata. Masukkan kuning telur secara perlahan.
  • Diamkan selama 10 menit. Lalu masukkan ke dalam lemari es / freezer.
  • Tunggu selama 15 menit, lalu aduk kembali es krimnya. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar mendapatkan hasil es krim yang halus dan lembut.
  • Terakhir masukkan ke dalam freezer dan tunggu selama 8 jam agar dapat membeku sempurna.

Cara Buat Es krim Goreng

Bahan-bahan:
– 50 gram tepung terigu yang diayak
– 50 gram tepung roti yang diayak
– 250 gram es krim cokelat
– 6 lembar roti kupas
– 1 butir telur ayam

Cara membuat:
– Pertama, kita buat kulit es krim goreng terlebih dahulu.
– Ambil selembar roti kupas, lalu pipihkan, letakkan es krim cokelat di atasnya.
– Bentuk roti menjadi seperti bola dan bungkus menggunakan aluminium foil agar bentuknya tetap bulat seperti bola.
– Masukkan ke  freezer selama beberapa menit.
– Jika sudah cukup lama dan es krim sudah dingin kembali, keluarkan dari freezer dan buka aluminium foilnya.
– Gulingkan dalam tepung terigu, lalu masukkan ke wadah yang berisi telur yang sudah dikocok lepas.
– Setelah itu, masukkan ke tepung roti.
– Jika permukaan sudah tertutup semua, masukkan kembali ke freezer dan diamkan selama 30 menit.
– Panaskan minyak, lalu goreng es krim menggunakan api kecil sampai warnanya kuning keemasan, setelah itu angkat dan tiriskan.

Singkong Bisa di Olah Menjadi Makanan Enak

Singkong Bisa di Olah Menjadi Makanan EnakBingung ada singkong dirumah mau dibuat apa, disini kami akan membagikan resep membuat olahan singkong untuk kamu agar keluarga bunda lebih suka makan singkong.

Singkong di Olah Menjadi Makanan Enak

Kroket Singkong

bahan dasar singkong dengan isi daging ayam. Bahan-bahannya adalah 1 kg singkong kukus lalu haluskan, 100 gram margarin, 100 gram keju cheedar yang sudah diparut, 1 butir telur, 4 sendok makan terigu.

Bahan isi terdiri dari 300 gram daging ayam yang sudah dicincang, 2 buah wortel (bisa diganti kentang) potong dadu, 1 batang daun bawang kemudian iris-iris, 6 buah cabai merah kemudian haluskan, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1/4 buah bombai potong kecil-kecil, 1/2 sdt merica bubuk, 1/2 sdt garam halus, 1/2 sdt gula pasir, 1/2 sdt kaldu bubuk rasa ayam, 500 ml air, dan minyak secukupnya.

Baca juga: Resep Dan Cara Buat ES Krim di Rumah

Bahan celupan terdiri dari 2 butir telur yang dikocok lepas dan tepung panir secukupnya.

Cara membuatnya yaitu tumis bawang bombai sampai harum, lalu tambahkan bumbu halus. Masukkan daging, wortel/kentang, lalu aduk merata, masukkan lagi air, garam, gula, kaldu ayam, dan aduk terus sampai ayam dan wortel atau kentang matang benar. Masukkan daun bawang, dan aduk lagi.

Agar lebih kental, tambahkan cairan terigu. Lalu angkat dan sisihkan. Bahan utama dicampurkan menjadi satu, lalu uleni sampai merata. Kemudian, bentuk menjadi bulat-bulat, lalu pipihkan. Masukkan bahan isian yang sudah dimasak, lalu tutup adonan dan bentuk sesuai selera.

Setelah berbentuk dan tertutup, gulingkan ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panir, lalu goreng. Lakukan berulang sampai semua bulatan tersebut habis. Goreng hingga matang, lalu sajikan selagi hangat.

Kue Lupis Singkong

Kue lupis merupakan makanan yang terbuat dari singkong. Biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa dan saus gula merah. Kue lupis memiliki rasa manis. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Bahan- bahan:

  • 1/3 bagian adonan dasar kue singkong
  • 1/5 butir kelapa sedang, yang sudah parut kasar
  • garam dapur secukupnya
  • pewarna hijau sesuaikan dengan selera
  • daun pisang secukupnya
  • lidi secukupnya

3 lembar daun pandan

Bahan-bahan saus gula merah:·

  • air secukupnya
  • 250 gram gula merah
  • 3 lembar daun pandan

Cara membuatnya:

  1. Panaskan dandang, kukus kelapa yang sudah dibubuhi sedikit garam dan masukkan daun pandan. Lalu, kukus sekitar 10 menit. Setelah itu, sisihkan.
  2. Adonan dasar dibubuhi sedikit pewarna hijau atau sesuai selera, lalu sisihkan.
  3. Ambil selembar daun pisang (6 cm x 30 cm), isi dengan 1-2 sendok makan adonan, dan lipat menyerupai segitiga. Kemudian, sematkan dengan lidi. Lakukan hingga adonan habis, setelah sudah habis kukus lapis di dalam dandang hingga matang.
  4. Buka daun pembungkusnya, lalu guliri dalam kelapa yang sudah dikukus.
  5. Untuk membuat saus gula merah, rebus dulu gula merah, air, dan daun pandan yang sudah disobek-sobek jadi satu sampai mendidih dan mengental. Setelah mendidih dan mengental, matikan api dan angkat saus gula merah.
  6. Lupis singkong siap dihidangkan dengan ditaburi saus gula merah, dijamin bikin ketagihan.

Getuk Singkong

Makanan yang terbuat dari bahan singkong ditaburi parutan kelapa, rasanya enak dan lembut. Apalagi kalau kamu membuatnya sendiri, pasti rasanya lebih enak.

Bahan-bahan: 

  • 1 kg singkong
  • 300 gr gula pasir
  • garam dapur secukupnya
  • pewarna makanan secukupnya, sesuai selera

Bahan- bahan untuk taburan:

  • 2 buah kelapa (parut kelapa)
  • garam dapur halus secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Kupas kulit singkong, lalu cuci dengan air sampai benar-benar bersih.
  2. Potong singkong yang sudah dicuci bersih.
  3. Rebus singkong dalam air yang mendidih sampai benar-benar matang dan empuk, angkat, lalu dinginkan.
  4. Haluskan singkong rebus dengan cara ditumbuk.
  5. Masukkan gula pasir dan garam dapur, uleni dengan tangan sampai tercampur rata.
  6. Bagi adonan singkong menjadi beberapa bagian, beri tetesan pewarna secukupnya (sesuai selera), aduk sampai merata.
  7. Cetak adonan singkong yang sudah diberi pewarna dengan cetakan getuk, sisihkan adonan getuk
  8. Campurkan kelapa parut dengan garam, aduk hingga merata kemudian dikukus sebentar.
  9. Sajikan getuk dengan ditaburi kelapa parut. Siap dinikmati, deh.

Masih banyak lagi olahan yang bisa bunda buat, namun kami hanya membagikan 3 resep olahan singkong yang super enak dan pastikan keluarga bunda dirumah juga akan sudah makan olahan singkong yang sudah bunda buat, Selamat mencoba.