5 Wisata Terindah di Papua

Wisata Terindah di PapuaTerletak di timur Indonesia, Papua menyimpan ragam keindahan yang memesona, baik itu yang terletak di darat maupun di laut. Karena sedikitnya akses, beberapa tempat wisata di Papua sampai saat ini masih sangat alami dan terjaga.

Sehingga worth it banget untuk kamu kunjungi dan nikmati keindahan alamnya. Penasaran? Yuk, dicek 5 tempat wisata di Papua berikut ini.

Wisata Terindah di Papua

1. Raja Ampat


Tempat wisata di Papua pertama yang sudah tidak asing adalah Raja Ampat. Pesona keindahan Raja Ampat memang sudah cukup populer di kalangan pelancong, baik yang datang dari Indonesia maupun mancanegara.

Raja Ampat merupakan daerah yang terdiri dari gugus-gugus pulau kecil dan besar yang terbentang sangat elok dengan keindahannya.

Baca Juga: 5 Gunung Terindah di Indonesia

Kawasan Raja Ampat ini terdiri dari empat pulau besar, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, batanta, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Selain gugusan pulaunya yang indah, Raja Ampat juga memiliki ragam kekayaan biota laut yang bisa kamu nikmati saat menyelam. Selama menyelam, kamu akan ditemani sekitar 1.511 jenis ikan dan penyu laut.

2. Danau Habema


Saat berada di Wamena yang merupakan ibu kota Kabupaten Jayawijaya, ada satu lagi wisata alam di Papua yang harus kamu kunjungi. Danau Habema, atau yang juga dikenal dengan nama Danau Yuginopa, berjarak 48 km dari Wamena. Kelelahan dalam perjalanan selama kurang lebih tiga jam pasti terbayar kala memandangi salah satu danau tertinggi di Indonesia ini.

Berada pada ketinggian 3,225 mdpl, ketika kamu tiba di Danau Habema kamu akan disambut oleh burung-burung eksentrik yang mungkin hanya ada di tanah Papua.

Dipenuhi oleh tanaman perdu, dan oleh karena danaunya hampir selalu diliputi kabut, membuat suasana semakin syahdu. Plus panorama Gunung Trikora, dijamin puas berwisata alam di sini!

3. Lembah Baliem


Berlokasi di sekitar pegunungan Jayawijaya, Lembah Baliem ditinggali oleh tiga suku asli Papua yaitu suku Lani, Dani, dan Yali. Sehingga nanti ketika kamu bertandang ke sini, kamu akan mendapati bahwa warga Lembah Baliem masih menggunakan pakaian tradisional Papua, yaitu koteka dan rumbai. Setiap tahunnya, Lembah Baliem bakal ramai dikunjungi wisatawan saat festival adat yang diadakan setiap bulan Agustus.

Festival adat ini dilangsungkan selama 3 hari dan diselenggarakan atas inisiatif pemerintah setempat. Oleh karenanya, jika kamu hendak mengunjungi Lembah Baliem, datanglah pada saat lagi ramainya, yakni di bulan Agustus.

Jangan lupa untuk menyiapkan pakaian yang hangat sebelum kamu pergi ke Lembah Baliem. Pasalnya, pada malam hari suhu di sekitar lembah ini bisa mencapai 10 – 15 derajat celsius.

4. Danau Sentani


Tempat wisata di Papua lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah Danau Sentani. Merupakan danau terbesar yang ada di Papua, Danau Sentani menawarkan keindahan yang sangat luar biasa. Di kawasan ini, sedikitnya ada 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut.

Di sini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti berenang, memancing, menyantap kuliner, hingga berkeliling danau dengan menyewa perahu yang telah disediakan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi dan berinteraksi langsung dengan warga sekitarnya.

5. Danau Idenberg


Ingin merasakan pendakian Jayawijaya tanpa harus mencapai puncak? Nah, kamu bisa menetapkan Danau Idenberg sebagai ‘target’ pendakianmu.

Berada pada ketinggian 4,313 mdpl, kamu membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk tiba di danau ini. Kelelahan yang kamu rasakan seakan hilang ketika tiba di sini.

Wisata alam di Papua yang satu ini memang misterius. Terkadang, debit air di Danau Idenberg melimpah ruah; dan di suatu waktu, mendadak kering sama sekali.

Namun begitu, selama perjalanan kamu akan terkesima melihat tebing-tebing vertikal bebatuan berwarna putih keabu-abuan, yang membuatmu merasa sedang berada di negara lain. Keindahannya membius!