5 Kuliner Favorit di Kota Pahlawan

Kuliner Favorit di Kota Pahlawan – Surabaya tidak hanya terkenal sebagai kota pahlawan saja, ternyata di kota ini ada banyak makanan asli Surabaya yang memiliki rasa enak dan autentik. Ada banyak makanan dengan rasa yang variatif dan bisa mudah Anda temukan di setiap sudut kota Surabaya.

Rujak Cingur

Belum lengkap rasanya kalau ke Surbaya belum mencicipi rujak cingur, makanan ini merupakan kuliner favorit di kota pahlawan. Rujak cingur ini terbuat dari lontong dan aneka sayur, serta buah-buahan seperti kacang panjang, bayang, bengkuang, tauge, mangga muda, kedondong, nanas, kemudian disiram dengan bumbu kacang yang menggunakan petis dan cingur sebagai bahan utamanya.

Sate Klopo

Sate Klopo merupakan salah satu kuliner favorit khas surabaya. Sate Klopo ini sebenarnya mirip seperti sate kebanyakan yang terbuat dari daging ayam. Letak perbedaannya, kalau Sate Klopo ini menambahkan jeroan serta lemak sapi di setiap tusuknya. Tidak hanya itu, sebelum daging ayam dibakar ternyata sate ini juga dibaluri dengan parutan kelapa alias klopo dalam bahasa Jawa. Ini yang membuat rasanya menjadi lebih gurih, jika dibandingkan dengan sate lainnya.

Baca Juga : Destinasi Menarik di Kazakhstan

Tahu Tek

Tahu tek merupakan salah satu kuliner paling favorit khas Surabaya, sering disebut dengan tahu telor. Kuliner ini berisikan tahu, lontong, telur, tauge, serta kentang yang disiram dengan saus kacang dan petis. Kemudian di atasnya ditaburi dengan daun seledri.

Lontong Balap

Berikutya adalah lontong balap, yang menjadi salah satu ikon kuliner kota Surabaya. Alasan dinamakan lontong balap, karena dulu si penjual kuliner ini memikul dagangan sambil berjalan tergesa-gesa. Ini menjadi alasan, dinamakannya lontong balap karena si penjual berjalan cepat seperti hendak berlari.

Rawon Setan

Kuliner ini juga salah satu yang menjadi favorit di Surabaya, dan yang paling banyak dicari wisatawan. Rawon khas Surabaya sangat terkenal di seluruh penjuru Indonesia, mulai dari warnanya yang khas dan rasa yang menjadi alasan. Sensasi kuahnya yang segar, dengan potongan daging sapi, dipadu dengan sayuran segar untuk menambah kenikmatan.